Efektivitas penyampaian pesan ditentukan beberapa hal, yakni strategi pesan ,pelaksanaan pesan, tone dan format pesan.
Strategi Pesan, meliputi langkah-langkah sebagai berikut :
1. Memutuskan pesan umum apa yang akan dikomunikasikan.
2. Mengidentifikasi manfat-manfaat bagi pelanggan yang dapat digunakan sebagai tarik pemasangan iklan.
3. Menciptakan konsep kreatif yang kuat. Ini mencakup tampilan iklan.
4. Menciptakan daya tarik khusus yang akan digunakan dalam kampanye pemasangan iklan. Daya tarik iklan harus memiliki tiga sifat yakni meaningful (berarti), believable (dapat dipercaya) dan distinctive (khas).
Pelaksanaan Pesan, bisa dalam berbagai
1. Potongan kehidupan ( slice of life ).
2.
3. Fantasi.
4. Suasana hati atau citra ( mood or image ).
5. Musikal ( musical ).
6. Simbol kepribadian (personality symbol).
7. Keahlian tehnis ( technical espertise).
8. Bukti ilmiah ( scientific evidence ).
9. Bukti atau dukungan testimonial.
Tone dalam iklan jelas diperlukan. Iklan yang dibuat harus menggunakan kata-kata yang mudah dan terutama menarik perhatian. Riset menunjukkan, konsumen cenderung mudah mengingat sebuah produk hanya karena tone iklannya yang menarik.
1. Ilustrasi ( illustration ), harus cukup kuat agar bisa menarik perhatian audience.
2. Judul ( headline) harus secara eefektif menarik orang yang tepat bersedia membaca teksnya.