Jumat, 07 Maret 2008

Tujuan Pemasangan Iklan

Advertising is the art of arresting the human intelligence just long enough to get money from it.

Aspek pertama yang paling penting sebelum merumuskan strategi periklanan adalah sebuah sasaran atau tujuan. Tujuan itu tergantung pada apa yang ingin dicapai oleh klien. Penetapan tujuan periklanan merupakan aspek penting yang mendapat perhatian serius. Tanpa tujuan yang baik, tidak mungkin mengarahkan dan mengendalikan keputusan dengan efektif dan efisien.

Tujuan periklanan berfungsi sebagai alat komunikasi dan koordinasi, memberikan kriteria dalam pengambilan keputusan serta sebagai alat evaluasi. Selain itu tujuan juga akan sangat membantu dalam komunikasi dan membuat suatu garis antara keputusan strategis dan taktis.

Tujuan pemasangan iklan adalah tugas komunikasi tertentu yang ahrus dilakukan terhadap khalayak sasaran tertentu selama periode tertentu. Tujuan harus didasarkan pada keputusan-keputusan di masa lalu tentang pasar sasaran, positioning dan bauran pemasaran, yang me ndefinisikan pekerjaan yang harus dilakukan oleh pemasangan iklan dalam kerangka program pemasaran keseluruhan.

Tujuan pemasangan iklan dapat dikelompokan berdasarkan tujuan utamanya. Apakah tujuannya menginformasikan, mempengaruhi atau mengingatkan.

Menginformasikan

Mempengaruhi

Mengingatkan

Menceritakan kepada pasar tentang produk baru

Menganjurkan kegunaan produk abru tertentu

Menginformasikan pasar tentang perusabahan harga

Menjelaskan cara kerja produk

Menggambarkan layanan yang tersedia

Mengoreksi kesan yang salah

Mengurangi ketakutan pembeli

Menciptakan citra perusahaan

Mencipatakan preferensi merk

Mendorong pergantian ke merek kita

Mengubah persepsi pelanggan tentang atribut produk

Membujuk pelanggan membeli sekarang

Membujuk pelanggan menerima kunjungan tenaga penjualan

***Dalam prakteknya iklan persuasive banyak yang ebrgeser ke iklan komparatif, yang membandingkan produk kita dengan produk kompetitor

Mengingatkan pelanggan bahwa produk mungkin diperlukan dalam waktu dekat

Mengingatkan pelanggan di mana membeli produk terebut

Mempertahankan produk tersebut tetap ada di benak konsumen selama bukan emsinnya

Mempertahankan kesadaran produk tertinggi ( top-of mind) di benak pelanggan.